Berita

Banten Rawan Bencana, BAZNAS Banten Perkuat BTB

Dalam rangka penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), BAZNAS Provinsi Banten melalui Baznas Tanggap Bencana, mengadakan pelatihan manajemen tingkat dasar Baznas Tanggap Bencana (BTB) pada Rabu-Jumat (16-18/3/22).
Bertempat di Hotel Ultima Horison, acara tersebut diikuti sebanyak 28 relawan yang merupakan gabungan dari Kota maupun Kabupaten di Banten. Sebagai pembuka juga, acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Pimpinan Baznas RI yang diwakili Dr. Zainulbahar Noor dan Ketua Baznas Provinsi Banten Prof. H.E Syibli Syarjaya.
BTB merupakan salah satu unit kerja dari bidang pendistribusian dan pendayagunaan yang memiliki tugas untuk mengurangi dampak bencana dan menekan resiko kemiskinan akibat bencana. Ketua BAZNAS Provinsi Banten Prof. H.E Syibli Syarjaya mengatakan, BAZNAS melalui Baznas Tanggap Bencana terjun ke masyarakat dalam rangka memberikan bantuan baik moril maupun materil.
”Berdasarkan hal tersebut, BAZNAS Banten memandang perlu untuk melakukan sebuah pelatihan atau sebuah kegiatan yang memberikan dasar-dasar tentang tanggap kebencanaan sehingga ketika ada bencana, teman-teman BTB dapat melakukan tugas sebaik-baiknya.”
Pelatihan ini di isi dengan materi-materi berupa dasar-dasar manajemen bencana, pertolongan pertama, hingga materi pengenalan upaya penyelamatan korban bencana.
“Ini merupakan upaya BAZNAS untuk mengabulkan tujuan BAZNAS menyejahterakan masyarakat dan menuntaskan kemiskinan, saya ucapkan selamat kepada para peserta relawan semoga bisa memberi manfaat untuk kita semua” ujar Dr. Zainulbahar Noor dalam pidato sambutannya.
Dr. Zainulbahar Noor juga menambahkan, jika penanganan bencana alam dilakukan dengan cepat dan tepat, maka target-target yang diharapkan akan cepat tercapai.
Apresiasi juga diberikan oleh Wakil Gubernur Provinsi Banten Andika Hazrumy terhadap BAZNAS karena telah menggelar pelatihan ini, “Saya melihat bahwa realita kondisi di Banten seluruhnya memiliki potensi bencana dari gempa hingga tsunami. Dan dari video yang ditayangkan tadi, langkah-langkah kebencanaan sudah dilakukan dengan baik oleh BAZNAS” sambutnya.
Kemudian, Wakil Gubernur Provinsi Banten Andika Hazrumy juga menyampaikan harapannya terhadap BAZNAS agar dapat berkontribusi dan berkolaborasi dengan seluruh Stakeholder Pemerintahan.
“Dalam membangun sebuah wadah relawan yang tangguh, kita harus memiliki visi kemanusiaan dan kebersamaan. BTB akan menjadi sebuah basis kerelawanan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat” sambungnya sembari membuka acara Pelatihan Manajemen Tingkat Dasar Baznas Tanggap Bencana se Provinsi Banten.

Berita Lainnya...

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan King Salman Humanitarian and Relief Centre (KSRelief) Saudi Arabia, mendistribusikan sebanyak 7.432 paket sembako yang nantinya diperuntukan untuk Fakir dan Miskin ke empat daerah Aceh, DKI Jakarta, jawa Barat, dan Banten. Pendistribusian paket sembako sudah dimulai sejak Selasa (22/3/22). Sedang untuk wilayah Banten, Baznas Provinsi banten mendapatkan jatah distribusi sebanyak 2.708 paket. Read More…

Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Banten atau Baznas Banten meluncurkan program Zakat Mart (Z-Mart) yang diberikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau pedagang kecil. Read More…