header-int

Rumah Dakwah BAZNAS

Posted by : Administrator
Share

Merupakan program penyaluran zakat yang ditujukan kepada mualaf kaderisasi seribu ulama dan berbagai kegiatan dakwah untuk masyarakat miskin di daerah terpencil dan terluar. Ada tiga bentuk program yaitu Kafalah Da’i Daerah Terpencil, Bina Mualaf dan Kaderisasi Seribu Ulama (KSU).

KSU menyediakan beasiswa program magister dan doktoral pada program studi khusus sehingga lahir para ulama yang fakih dalam agama, berakhlak mulia, dan produktif dalam dakwah serta melahirkan kitab-kitab rujukan umat.

Program ini telah dilaksanakan mulai tahun 2007 dengan jumlah peserta:
a) Jenjang S3 sebanyak 40 orang dan 18 orang diantaranya telah dinyatakan lulus.
b) Jenjang S2 sebanyak 208 orang dan 129 orang diantaranya telah dinyatakan lulus.

Besaran dana program yang dialokasikan selama masa pendidikan untuk masing-masing jenjang adalah sebagai berikut:
a. Jenjang S3 sebesar Rp 45.000.000 per orang untuk masa pendidikan 3 tahun.
b. Jenjang S2 sebesar Rp 27.000.000 per orang untuk masa pendidikan 2 tahun.

DAFTAR KADERISASI 1000 ULAMA

 

Baznas Provinsi Banten Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.
© 2019 Baznas Provinsi Banten Follow Baznas Profinsi Banten : Facebook Twitter Linked Youtube