header-int

Baznas Banten Salurkan Zakat kepada 1.440 Mustahik

Rabu, 19 Jun 2019, 09:56:27 WIB - 82 View
Share
Baznas Banten Salurkan Zakat kepada 1.440 Mustahik

SERANG, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten menggelar kegiatan “Buka Puasa Ramadan Bersama 1.440 Cendekia Muda Banten di Masjid Raya Al-Bantani Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Senin (27/5/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Baznas menyerahkan zakat berupa santunan dan bingkisan Lebaran kepada 1.440 penerima manfaat atau orang yang berhak menerima zakat (mustahik). Penyerahan santunan dan bingkisan dilakukan Ketua Baznas Provinsi Banten Prof Dr H Suparman Usman didampingi para pengurus.

Ketua Baznas Provinsi Banten Prof Suparman Usman berterima kasih terhadap muzaki yang telah membayarkan zakatnya kepada Baznas Provinsi Banten, sehingga Baznas Banten bisa mengelola dan mendistribusikan kepada kalangan mustahik.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada bapak Gubernur Banten yang memiliki perhatian terhadap pengelolaan zakat di Provinsi Banten,” katanya. 

Ia menuturkan, kegiatan tersebut, bagian dari pendistribusian dari dana zakat yang dihimpun oleh Baznas Provinsi Banten. “Pendistribusian kali ini berjumlah 1.440 orang penerima manfaat. Pada kegiatan ini sekaligus sosialisasi tentang zakat, mulai dari perhimpunan, pendistribusain, serta pertanggungjawabannya,” ujarnya.

Ia mendoakan serta berpesan kepada peserta, agar diberikan rezeki yang banyak, sehingga peserta di kemudian hari bisa membayarkan zakatnya. “Karena dengan zakat kita akan tumbuh bersama dan zakat tumbuh bermanfaat. Kelak kalau sudah dewasa dan mampu adaik-adik semua jangan lupa tunaikan zakat,” ucapnya.

Wakil Ketua IV Bidang Administrasi, SDM, dan Umum Baznas Provinsi Banten KH Zaenal Abidin Syujai dalam tausiahnya mengatakan, zakat sebagai rukun Islam. Oleh karena itu, tutur dia, zakat harus dikelola dengan baik, yaitu melalui lembaga, yaitu Baznas. 

Sementara itu, pendamping penerima manfaat Rifki Fauzi berterima kasih, karena telah mampu mengumpulkan mustahik dalam satu tempat dan tepat sasaran.

Ia sebagai Kordinator dari Keluarga Masjid Al-Hidayah (Karomah) Pandeglang bersyukur terhadap muzaki yang telah menyisihkan hartanya untuk dititiipkan pada Baznas Provinsi Banten, sehingga acara tersebut, bisa berjalan dengan lancar.

Baznas Provinsi Banten Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.
© 2019 Baznas Provinsi Banten Follow Baznas Profinsi Banten : Facebook Twitter Linked Youtube