header-int

Baznas Banten Cetak Relawan Menjadi Seorang Amil

Rabu, 19 Jun 2019, 09:46:20 WIB - 95 View
Share

Baznas Banten merekrut dan melatih 42 orang relawan Fundraising Zakat untuk memberikan informasi kepada serta memudahkan muzaki dalam menunaikan zakat. Hal itu dilakukan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1440 Hijriyah.

Sebanyak 42 orang relawan tersebut kemudian diberi materi dalam pelatihan Relawan Fundraising Zakat yang digelar di Aula Kampus IAIB Kota Serang, Senin (23/4/2019). Pelatihan dibuka oleh KH. Zaenal Abidin Syuja’i, LC selaku Wakil Ketua IV Baznas Banten.

Dalam sambutannya Zaenal menuturkan, sebetulnya yang mendaftar menjadi relawan kurang lebih sebanyak 96 orang calon relawan, tetapi hasil seleksi administrasi dan wawancara ada 42 relawan yang sesuai dengan kriteria relawan mulai dari pengetahuan/keilmuan tentang zakat, kemampuan komunikasi dan kepribadian.

Baznas Banten menghadirkan para ahli Fundraising dan Marketing Komunikasi dari Baznas RI yaitu Fitriansyah Agus Setiawan dan Budi Margono. Para relawan dilatih bagaimana cara melayani muzaki mulai dari berpenampilan, menyapa bahkan tersenyum di hadapan muzaki. Selain itu, relawan juga diberikan pelatihan pelaporan dan pertanggungjawaban perolehan dana zakat setiap harinya.

Ketua Baznas Banten, Prof. Dr. H. Suparman Usman, S.H. berpesan bahwa sebagai Relawan Fundraising Zakat relawan harus memiliki mental yang kuat, karena inti dari tugas sebagai relawan bukan untuk menagih zakat, tetapi untuk mendakwahi atau mengingatkan muzaki untuk menunaikan zakatnya, karena zakat sudah menjadi kewajiban bagi muzaki yang sudah mencapai nishab.

Para relawan akan ditugaskan menjaga gerai atau konter zakat di berbagai titik pusat keramaian yang ada di Kota Serang, seperti mall, bank, perkantoran dan rumah makan. Rencananya, para relawan akan bertugas pada tanggal 7 Mei sampai dengan 26 Mei 2019. 

Baznas Provinsi Banten Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.
© 2019 Baznas Provinsi Banten Follow Baznas Profinsi Banten : Facebook Twitter Linked Youtube