header-int

Baznas Banten & KKM Mahasiswa Untirta Bantu 1000 Pohon

Rabu, 19 Jun 2019, 09:52:21 WIB - 90 View
Share

SERANG,‎ Badan Amil Zakat Nasional (Bazna) Banten bersama  mahasiswa KKM Universitas Sultan Ageng Tirtasaya (Untirta) Banten memberikan bantuan 1000 bibit pohon dan sembako kepada masyarakat di Desa Sukacai, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (19/1/2019).

Selain itu, para dosen dan mahasiswa juga membantu pendidikan privat bagi siswa SD hingga SMA, termasuk masyarakat kaum lansia  antusias mengikuti pendidikan tersebut.

“Iya, untuk bantuan pendidikan privat itu diberikan oleh mahasiswa bidang Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Bahasa Inggris dan lainnya,” kata  Ipan Hilmawan, dosen pembimbing KKM Mandiri Untirta Banten, kepada Kabar Banten, Sabtu (19/01/2019).

 

Selain itu, para mahasiswa KKM juga melakukan penelitian dan  hasilnya akan diberikan ke Pemkab Serang dan Pemprov Banten, untuk membenahi kehidupan masyarakat setempat.

“Ada kendala yang harus diperhatikan provinsi dan kabupaten untuk meningkatkan sektor pertanian dan  secara kelayakan harus di push oleh pihak terkait,” jelasnya.

‎Sementara itu, PJs Kepala Desa (Kades) Sukacai, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten, Sudrajat mengatakan, ratusan warga yang berada di Desa Sukacai terdiri dari lima RW dan 12 RT. Mayoritas, mereka masih memiliki persoalan kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah.

“Mayoritas masyarakat di sini berprofesi sebagai petani bergerak bidang pertanian dan perkebunan. Jadi, kondisi kehidupan mereka masih perlu mendapat perhatian serius pemerintah daerah,” ujarnya.

Baznas Provinsi Banten Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.
© 2019 Baznas Provinsi Banten Follow Baznas Profinsi Banten : Facebook Twitter Linked Youtube