header-int

Bantu Penunggu Pasien, Baznas Banten Bagikan Makan Sahur di Rumah Sakit

Rabu, 19 Jun 2019, 10:05:14 WIB - 57 View
Share
Bantu Penunggu Pasien, Baznas Banten Bagikan Makan Sahur di Rumah Sakit

SERANG,  Baznas Provinsi Banten menggelar program bagi-bagi makan sahur di tiga rumah sakit di Kota Serang selama tiga hari dari 13-15 Mei 2019. Kegiatan Baznas Banten pada Ramadan ini dibantu sejumlah relawan dan penerima beasiswa Program SKSS (Satu Keluarga Satu Sarjana).

Wakil Ketua II Baznas Banten Moh Suhri Utsman menjelaskan aktivitas sahur merupakan sunah berpuasa yang biasa dilakukan sebelum terbit fajar. Dalam upaya melancarkan ibadah puasa itulah, Baznas Banten membantu orang-orang yang tidak sempat memasak atau membeli makanan untuk sahur.

“Dengan kegiatan ini, Baznas ingin berbagi keberkahan kepada orang-orang yang ketika ingin sahur namun belum ada makanan. Oleh karena itu, kami sediakan makanan melalui kegiatan Berbagi Sahur Ramadan,” katanya.

Menurut Suhri, kegiatan “Berbagai Sahur Ramadan” ini juga merupakan bagian dari sosialisasi Baznas Banten kepada masyarakat terkait pentingnya peranan zakat.  “Manfaat zakat itu bisa dirasakan langsung oleh yang berhak dan juga menjadi penunjang bagi keberlangsungan hidup mereka,” katanya.

Suhri menjelaskan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari di tiga rumah sakit di Kota Serang. Ketiga rumah sakit tersebut adalah  RSUD Banten, RSUD dr Drajat Prawiranegara dan RS Budi Asih.

Dia menjelaskan alasan program bagi-bagi sahur di rumah sakit . Menurut Suhri, kegiatan ini sebagai bentuk bantuan kepada keluarga pasien.

“Banyak kan penunggu  pasien yang tidak sempat mencari atau membeli makanan untuk sahur. Oleh karena itu, kami membantunya  melalui program Berbagi Sahur Ramadan ini,” katanya.

Baznas Provinsi Banten Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.
© 2019 Baznas Provinsi Banten Follow Baznas Profinsi Banten : Facebook Twitter Linked Youtube